Asbabun Nuzul

  • Rp 124,000
  • Kode Buku:HC3927
  • Stok:Tersedia

ISBN: 978-979-1303-92-7 Ukuran: 15,5 x 24 cm Jenis Buku: Hard Cover Jenis Kertas: HVS Jumlah Hlm: 542 hlm Berat: 0.85 kgA..



Lihat sampel buku, kunjungi: Get it on Google Play



ISBN: 978-979-1303-92-7
Ukuran: 15,5 x 24 cm
Jenis Buku: Hard Cover
Jenis Kertas: HVS
Jumlah Hlm: 542 hlm
Berat: 0.85 kg


Asbabun Nuzul
Sebab-Sebab Turunya Ayat Al-Qur`an
Imam As-Suyuthi


Memahami ayat-ayat al-Qur’an tidak dapat dilakukan hanya bersandar kepada makna harfiah semata, tetapi harus didukung oleh sebab-sebab turunnya ayat, urutan turunnya ayat, sebab, dan tujuan diturunkannya. Pemahaman tersebut akan mengantar keyakinan umat terhadap kemurnian al-Qur’an sehingga tidak ada yang dapat melakukan perubahan maupun penggantian di dalamnya.

Buku Asbâbun Nuzûl karya ulama terkemuka Imam as-Suyuthi ini membahas latar belakang historis turunnya ayat-ayat al-Qur’an atau yang disebut Asbâbun Nuzûl, yaitu rangkaian peristiwa berdasarkan riwayat dari para sahabat dan tabi’in serta penukilan al-Qur’an dan as-Sunnah dengan melalui tarjih antara berbagai dalil atau menghimpun berbagai dalil yang kerap terdapat pertentangan di dalamnya. Misalnya mengetahui Makiyah dan Madaniyah, nâsikh dan mansûkh, dan sejarah hukum Islam dalam al-Qur’an.  Dengan mengetahui ayat al-Qur’an yang pertama kali turun dan yang terakhir turun maka kita juga dapat menetapkan rentang waktu turunnya al-Qur’an kepada Rasulullah

Buku ini merupakan edisi cetakan yang memiliki keunggulan karena ditahqiq dengan merujuk kepada kitab-kitab tafsir dan kitab Asbâbun Nuzûl karya Al-Wahidi. Selain itu, hadis-hadisnya ditakhrîj dengan cermat sehingga dapat diketahui statusnya; sahih atau dha’îf (lemah). Oleh karena itu pantaslah jika buku ini menjadi rujukan umat yang tengah haus akan ilmu.