Hikmah di Balik Kemiskinan

  • Rp 21,000
  • Kode Buku:SC3545
  • Stok:Tersedia

ISBN: 978-979-1303-54-5 Ukuran: 12,5 x 17,5 cm Jenis Buku: Soft Cover Jenis Kertas: HVS Jumlah Hlm: 136 hlm Berat: 0.1 kg..



Lihat sampel buku, kunjungi: Get it on Google Play



ISBN: 978-979-1303-54-5
Ukuran: 12,5 x 17,5 cm
Jenis Buku: Soft Cover
Jenis Kertas: HVS
Jumlah Hlm: 136 hlm
Berat: 0.1 kg


Hikmah di Balik Kemiskinan
Mahmud Ahmad Sa’id al-Athrasy


Kemiskinan adalah problem klasik yang akan selalu ada, dan memiliki pengaruh sangat besar terhadap kehidupan individu maupun sosial. Karena itu, banyak agama dan mazhab pemikiran yang berusaha memecahkan persoalan ini. Namun, tak ada satu pun yang berhasil karena semuanya berujung pada eksploitasi manusia atas manusia.

Buku ini menjelaskan, bahwa al-Qur`an sudah menjabarkan prinsip-prinsip fundamental pengentasan kemiskinan. Salah satu contohnya adalah kewajiban zakat. Bahwa di dalam zakat, terdapat prinsip keadilan sosial yang tetap memelihara keseimbangan hak dan kewajiban antara orang kaya dengan orang miskin. Selain itu, karya ini juga menjelaskan hikmah di balik cobaan kemiskinan, dan beberapa sikap yang harus dipegang oleh kaum miskin dalam menghadapi kemiskinan agar mereka tidak dianggap sebagai beban masyarakat.

Kajian yang disuguhkan karya ini mengacu kepada keterangan al-Qur`an, hadis Nabi, dan riwayat-riwayat yang sahih. Sehingga, karya ini dapat membawa kita lebih memahami hikmah di balik kemiskinan, sekaligus mengetahui metode al-Qur`an dalam mengatasi serta menyikapi cobaan itu.