Untitled Document

 
Jum'at, 17 November 2017
 
 
 
 
 
 
.:: Panduan Islam
Raudhatul Muhibbin
ISBN : 978-979-1303-55-2
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Raudhatul Muhibbîn
Taman Orang-orang yang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu
Ibnul Qayyim al-Jauziyyah

Memahami makna, hakikat, dan tingkatan-tingkatan cinta menurut ajaran Islam, sebagai jalan penyucian jiwa dan penyelamat dari hawa nafsu, untuk menggapai ridha dan cinta Allah s.w.t. serta meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Manusia diciptakan memiliki hati sehingga bisa mencintai. Namun, pada saat yang sama, ia juga tak bisa lepas dari hawa nafsu. Hampir mustahil bagi manusia untuk membebaskan diri sepenuhnya dari hawa nafsu. Oleh karena itu, Allah s.w.t. melengkapi hati dengan fitrah (potensi untuk mengenal-Nya) agar manusia tidak dikendalikan hawa nafsu. Dengan fitrah, selain bisa mengenal Allah, manusia dapat menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

Buku ini berbicara tentang cinta sebagai sesuatu yang fitri dalam diri manusia. Cinta tak mungkin disembunyikan, tapi harus diungkapkan. Cinta kepada harta tak mungkin dikekang, tetapi mesti diungkapkan melalui usaha dan kerja yang halal. Cinta kepada kekuasaan juga tak mungkin dihilangkan, namun mesti diungkapkan melalui sikap adil. Cinta kepada lawan jenis pun tak bisa dikesampingkan, tetapi harus diungkapkan melalui pernikahan yang halal.

Buku ini menunjukkan bagaimana cara mengungkapkan cinta dan mengendalikan hawa nafsu dengan fitrah sesuai petunjuk-Nya. Sehingga, cinta itu tidak berubah menjadi cinta terlarang, dan akan membawa manusia kepada puncak cinta tertinggi, yaitu cinta Allah dan Rasul-Nya.

Ibnul Qayyim al-Jauziyyah (691 H/1292 M – 751 H/1349 M)

Cendekiawan Muslim ini lahir di Damaskus pada tahun 691 H. Terkenal sebagai seorang reformis pemikiran Islam. Murid utama Ibnu Taimiyah ini menguasai beragam bidang ilmu, mulai dari fikih, tafsir, hadis, akhlak, hingga filsafat, kimia, dan astronomi.

Sebagian besar karyanya berbicara tentang akhlak, moral, dan penyucian jiwa. Karena itulah, ulama ini sering disebut sebagai "spesialis penyakit hati (the scholar of the heart)." Meski oleh sebagian kalangan ia dipandang sebagai kritikus tasawuf, namun sikap kritisnya itu semata ditujukan kepada ajaran dan praktik tasawuf yang menyimpang dari ajaran al-Qur`an dan sunnah Nabi.

Wafat pada tahun 751 H di Damaskus, dan meninggalkan banyak warisan intelektual berupa buku dan tulisan yang hingga saat ini ikut mewarnai arus pemikiran keagamaan di dunia Islam.


Mengungkap Rahasia Iblis
ISBN : 978-979-1303-52-1
Ukuran : 12,5 x 17,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Mengungkap Rahasia Iblis
Muhammad Abduh Mughawiri

Mengenal Iblis lebih dalam melalui dialog-dialog yang pernah dilakukannya dengan para nabi, rasul, dan wali Allah, berdasarkan keterangan hadis dan riwayat sahih.

Siapakah Iblis itu? Bagaimana asal-usulnya? Samakah Iblis dengan setan? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini masih sering menggantung dalam benak sebagian besar kita. Padahal, Iblis adalah musuh utama manusia. Bagaimana kita dapat menghadapi musuh utama kita kalau kita sendiri tak mengenal siapa dia?

Buku ini memberikan jawabannya melalui pemaparan riwayat tentang pertemuan dan dialog antara Iblis dengan para nabi, rasul, maupun wali Allah yang saleh. Dari dialog-dialog inilah terungkap jati diri, tugas, berbagai tipu daya, hingga balatentara Iblis. Dalam dialog-dialog itu pula, Iblis di antaranya membeberkan rahasia untuk selamat dari jeratan tipu dayanya. Salah satunya—yang sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang—adalah menghindari makan yang berlebihan. Tak hanya itu, Iblis menjelaskan juga mengapa orang berilmu lebih ia takuti ketimbang orang yang rajin beribadah, dan strategi apa yang khusus ia siapkan untuk menjerat umat Nabi Muhammad s.a.w. ke dalam dosa?

Karya ini mengacu kepada keterangan dalil al-Qur`an, hadis Nabi, dan riwayat-riwayat yang sahih. Dengan membaca buku ini, kita akan mengetahui lebih banyak lagi tentang Iblis. Sehingga, kita dapat lebih waspada terhadap tipu daya musuh abadi umat manusia ini, dan meningkatkan kualitas iman kita agar terlindung darinya.


Bekal Menggapai Kematian yang Husnul Khatimah
ISBN : 978-979-1303-50-7
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Bekal Menggapai Kematian yang Husnul Khatimah
Syaikh Majdi Muhammad asy-Syahawi

Gambaran kematian dan kedahsyatan sakaratul maut sebagai nasihat untuk selalu mengingatnya, agar menjadi hamba Allah yang lebih bertakwa, memiliki bekal untuk menyambutnya, dan meraih husnul khatimah.

Buku ini mengingatkan kita pada kematian, melukiskan kedahsyatan sakaratul maut, dan menjelaskan ciri-ciri husnul khatimah serta persiapan untuk menghadapinya. Pemaparannya mengacu pada riwayat-riwayat yang otentik berupa hadis Nabi, wasiat para sahabat, nasihat para ulama, serta kisah-kisah generasi salaf yang saleh saat menjelang kematian

Bekal Menggapai Kematian yang Husnul Khatimah adalah literatur yang mengungkap misteri kematian, dan memuat hikmah-hikmah berharga yang dapat dipetik dari kematian itu sendiri. Ditulis oleh Syaikh Majdi Muhammad asy-Syahawi, seorang ulama kontemporer asal Mesir yang terkenal sebagai salah satu benteng mazhab as-salaf ash-shâlih di negerinya.

Karya ini akan mengantar kita melakukan evaluasi diri (muhâsabah an-nafs) dengan selalu mengingat kematian, dan menggugah kesadaran moral-spiritual para pembaca sebagai hamba Allah untuk siap menghadapinya serta meraih husnul khatimah.

Syaikh Majdi Muhammad asy-Syahawi

Dilahirkan di Mesir pada tahun 1963 di tengah-tengah keluarga kecil yang sederhana di sebuah desa kecil di Provinsi Dimyath. Sempat mengajar sejenak di almamaternya, Universitas Manshurah, selepas dari pendidikan formalnya pada tahun 1983. Namun, didorong oleh kecintaannya kepada agama, ia pun berhenti mengajar untuk berdakwah dan menulis.

Karya-karyanya sudah mencapai lebih dari 100 judul, baik berupa karya tulis maupun karya tahqîq (penelitian) atas naskah-naskah klasik. Buku-bukunya banyak membahas tentang muhâsabah an-nafs, akhlak, alam gaib, alam barzakh, prahara Hari Kiamat, surga dan neraka, serta kematian.


Kiamat Sudah Dekat?
ISBN : 978-979-1303-51-4
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-2
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Kiamat Sudah Dekat?
Dr. Muhammad al-'Areifi

Mengungkap misteri Kiamat dengan memahami tanda-tandanya yang sudah dijelaskan al-Qur`an, hadis, dan riwayat sahih, berikut kaitannya dengan pelbagai fenomena alam dan peristiwa kehidupan yang pernah dan sedang terjadi di dunia ini. Dilengkapi dengan pemaparan bukti-bukti ilmiah berupa foto, peta, serta fakta historis yang valid.

Hari Kiamat adalah rahasia Allah s.w.t. Al-Qur`an dan hadis hanya menyampaikan informasi mengenai tanda-tandanya, tanpa menyebutkan waktunya, sebagai isyarat akan dekatnya akhir dunia. Hanya saja, kita seringkali tidak menyadari isyarat-isyarat kehidupan yang menjadi tanda dekatnya Kiamat itu. Sebut saja misalnya kemunculan nabi-nabi palsu. Tanda Kiamat ini sudah disinyalir oleh Rasulullah s.a.w. 13 abad silam dalam hadis tentang kemunculan 30 orang pendusta besar yang mengaku sebagai nabi. Salah satunya adalah Mirza Ghulam Ahmad al-Qadiyani yang muncul di India pada awal abad ke-20. Hingga kini, ajaran dan pengaruhnya masih tertanam kuat dalam diri para pengikutnya.

Detil tanda-tanda Kiamat yang belum terjadi dan masih menjadi misteri pun masih belum banyak kita ketahui. Salah satu contohnya adalah kemunculan Dajjal. Buku ini mengungkap, bahwa saat ini Dajjal sudah berada di satu tempat terpencil yang hanya diketahui oleh Allah s.w.t. Informasi keberadaan Dajjal ini disebutkan oleh sebuah hadis tentang Tamim ad-Dari—sahabat Nabi yang berprofesi sebagai pelaut—, ketika kapalnya terdampar akibat badai di sebuah pulau antah berantah di tengah samudera. Di pulau inilah, Tamim ad-Dari bertemu dan berdialog langsung dengan Dajjal, yang sampai detik ini masih terkurung di sana, hingga Allah s.w.t. melepaskannya pada saatnya nanti.

Dan tahukah kita, bahwa Bâb al-Ludd (Gerbang Ludd)—tempat terbunuhnya Dajjal nanti di tangan Nabi Isa a.s.—sudah dijadikan pangkalan militer oleh Yahudi-Israel? Apa kepentingan Israel di sini? Dalam tradisi agama Yahudi, Dajjal adalah mesiah sang juru selamat, yang akan memimpin perang bangsa Yahudi melawan kaum Muslimin. Karena itu, tak mengherankan jika nanti yang menjadi pasukan Dajjal adalah orang-orang Yahudi.

Masih banyak hal-hal menarik lain terkait tanda-tanda Kiamat yang diungkap di sini. Kekuatan buku ini terletak pada ulasannya yang selalu dikaitkan dengan beragam fakta dan peristiwa di dunia. Penulisnya memberikan kaidah-kaidah khusus sebagai pedoman dalam mengaitkan pelbagai fenomena alam dan peristiwa kehidupan yang pernah dan sedang terjadi dengan tanda-tanda Kiamat. Sehingga, buku ini akan membawa kita dapat lebih memahami isyarat-isyarat kehidupan yang menjadi tanda dekatnya Kiamat, sekaligus menjawab semua isu kontroversial tentang Hari Kiamat itu sendiri.

Dr. Muhammad al-'Areifi

Bernama lengkap Muhammad ibn Abdirrahman al-‘Areifi. Lahir pada tahun 1390 H/1970 M. Meraih gelar doktor di bidang akidah dan perbandingan mazhab kontemporer dengan yudisium Summa Cum Laude pada tahun 1421 H. Selain mengajar di almamaternya—King Saud University, Riyadh—, dosen yang juga dai ternama ini sangat produktif menulis.

Sudah lebih dari 500 ceramah yang ia sampaikan di kancah dakwah internasional dalam 8 tahun terakhir ini. Puluhan karya pun sudah ia ciptakan, dan semuanya sudah dibukukan. Buku-bukunya dalam tempo rata-rata 1 tahun terjual menembus angka 1 juta eksemplar.


Bekal Pernikahan
ISBN : 978-979-1303-48-4
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-2
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Bekal Pernikahan
Syaikh Mahmud al-Mashri

Tuntunan untuk mempersiapkan pernikahan Islami berdasarkan petunjuk-petunjuk al-Qur`an dan sunnah Rasulullah s.a.w. untuk mencapai keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah, yang menjadi dambaan setiap muslim dan muslimah.

Buku ini berbicara tentang persiapan, tata cara, dan aturan agama yang harus ditempuh menjelang pernikahan, mulai dari kiat memilih pasangan, mengajukan khithbah (lamaran), hingga cara mempersiapkan dan menggelar resepsi pernikahan (walimatul ‘ursy) secara Islami. Dengan merujuk pada dalil-dalil al-Qur`an, petunjuk Nabi s.a.w., dan pendapat fuqaha empat mazhab, penulisnya menjelaskan semua persoalan itu secara detil dan lengkap.

Bekal Pernikahan, adalah karya kontemporer terlengkap pertama yang secara khusus membahas seluk beluk hukum dan permasalahan pra-pernikahan secara utuh dan menyeluruh. Ditulis oleh Syaikh Mahmud al-Mashri, seorang ulama asal Mesir yang kapasitas keilmuannya diakui di dunia Islam, dan dihormati sebagai pembela ajaran dan tradisi as-salaf ash-shâlih.

Isi buku ini lengkap, aktual, dan faktual, serta jauh dari perdebatan fikih antar mazhab. Sehingga, karya ini sangat layak dijadikan rujukan bagi setiap muslim dan muslimah yang hendak mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga, serta siapa saja yang ingin mendalami hukum, aturan, dan tata cara pernikahan dalam Islam.

Syaikh Mahmud al-Mashri

Lahir di Mesir, sekitar 30-an tahun yang lalu. Meski terbilang muda, dai yang produktif menulis ini sudah menyandang gelar syaikh karena kepakaran dan keluasan ilmu agamanya. Berguru ilmu-ilmu agama kepada para syaikh al-Azhar di Mesir dan para ulama di Arab Saudi. Selain hafal al-Qur`an, Shahîh al-Bukhâri dan Shahîh Muslim, ulama kontemporer ini sangat menguasai ilmu fikih, hadis, tafsir, balaghah, dan akhlak.

“Ajarkanlah segala sesuatu dengan santun penuh kasih sayang, dan sampaikanlah dengan bahasa yang mudah,” demikian falsafah dakwahnya. Prinsip inilah yang membuat karya-karyanya—yang hingga kini mencapai lebih dari 86 judul buku—maupun ceramah-ceramahnya diterima dengan baik dan tangan terbuka oleh kaum Muslimin di seluruh dunia.


Perkawinan Idaman
ISBN : 978-979-1303-47-7
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-2
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Perkawinan Idaman
Syaikh Mahmud al-Mashri

Tuntunan dalam membina perkawinan yang bahagia dan membentuk rumah tangga idaman, untuk mewujudkan keluarga Islami yang sakinah, mawaddah, dan rahmah, berdasarkan petunjuk al-Qur`an dan sunnah Nabi demi meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Keluarga bahagia yang sakinah dan religius adalah dambaan setiap pasangan suami-istri. Buku ini memberikan panduan secara rinci untuk mewujudkannya, mulai dari cara membahagiakan pasangan, tip mengatasi problem rumah tangga, hingga kiat mendidik dan membesarkan anak secara Islami. Semua tuntunan itu dijelaskan buku ini dengan merujuk pada ajaran al-Qur`an dan sunnah Nabi.

Perkawinan Idaman, adalah literatur kontemporer terlengkap pertama tentang prinsip-prinsip pembinaan keluarga secara Islami. Ditulis oleh Syaikh Mahmud al-Mashri, seorang ulama besar asal Mesir yang produktif dalam menulis, aktif dalam berdakwah, serta dipandang sebagai tokoh penegak ajaran dan tradisi as-salaf ash-shâlih.

Dengan gaya tutur yang sederhana, padat, dan meneduhkan, karya ini menjelaskan semua persoalan yang biasa dihadapi suami-istri dalam membina rumah tangga. Sehingga, karya ini sangat penting untuk dibaca oleh mereka yang ingin meraih sakinah dalam keluarga, berhasil dalam menjalani bahtera kehidupan rumah tangga, dan memiliki keluarga idaman yang bahagia di bawah naungan ajaran Islam.

Syaikh Mahmud al-Mashri

Dilahirkan di Mesir, sekitar 30-an tahun yang lalu. Meski terbilang muda, dai yang produktif menulis ini sudah menyandang gelar syaikh karena kepakaran dan kedalaman ilmu agamanya. Berguru ilmu-ilmu agama kepada para syaikh al-Azhar di Mesir dan para ulama di Arab Saudi. Selain hafal al-Qur`an, Shahîh al-Bukhâri dan Shahîh Muslim, ulama kontemporer ini sangat menguasai ilmu fikih, hadis, tafsir, balaghah, dan akhlak.

“Ajarkan segala sesuatu dengan santun penuh kasih sayang, dan sampaikanlah dengan bahasa yang mudah,” demikian falsafah dakwahnya. Dengan filosofi ini, karya-karyanya—yang hingga kini mencapai 86 judul buku—maupun ceramah yang disampaikannya diterima dengan baik dan tangan terbuka oleh kaum Muslimin di seluruh dunia.


Uddatush Shabirin
ISBN : 978-979-1303-45-3
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

‘Uddatush Shâbirîn
Bekal untuk Orang-orang yang Sabar
Ibnul Qayyim al-Jauziyyah

Tuntunan bagi setiap muslim untuk dapat menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran dan rasa syukur, yang dipetik dari petunjuk al-Qur`an, sunnah Nabi, dan kehidupan para ulama salaf, agar meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Buku ini memberikan tuntunan bagi kita untuk dapat menjalani hidup dengan penuh kesabaran dan rasa syukur. Dengan mengacu pada dalil-dalil dari al-Qur`an, sunnah Nabi, dan hikmah dari kehidupan para ulama salaf, penulisnya memerinci langkah-langkah untuk menjadi seorang hamba Allah yang shabûr (banyak bersabar) dan syakûr (pandai bersyukur), demi meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

‘Uddatush Shâbirîn, adalah karya yang secara khusus membahas konsep tentang sabar dan syukur dalam tataran praktis, serta menunjukkan bagaimana kedua nilai spiritual ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ditulis oleh Ibnul Qayyim al-Jauziyyah, seorang cendekiawan Muslim ternama yang karya-karyanya sangat berpengaruh terhadap perkembangan wacana dan pemikiran keagamaan di dunia Islam hingga kini.

Meski ditulis lebih dari 6 abad silam, buku ini masih sangat relevan dengan kondisi saat ini. Terjemahannya ke dalam pelbagai bahasa dunia menunjukkan bahwa karya imam besar ini banyak dikaji dan dijadikan rujukan, terutama dalam bidang pembinaan akhlak dan penyucian jiwa.


Bustan al-Waidzhin
ISBN : 978-979-1303-42-2
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Bustân al-Wâ’izhîn
Suluh Penyucian Jiwa
Ibnul Jauzi

Bimbingan ruhani berupa nasihat dan hikayat yang bersumber dari dalil-dalil al-Qur`an, hadis Nabi, kisah-kisah para sahabat dan as-salafush shâlih, serta petuah para ulama tentang penyucian jiwa dalam rangka mencari ridha Allah s.w.t.

Bustân al-Wâ’izhîn adalah literatur klasik yang berisi bimbingan untuk selalu mengingat Allah, menggapai ridha-Nya dan meraih kebahagiaan di akhirat. Karya ini tak hanya memperingatkan manusia tentang tipu daya setan, namun juga menggambarkan pedihnya kematian, suasana alam kubur, prahara Hari Kiamat, situasi Padang Mahsyar, kondisi surga, neraka, dan titian (ash-shirâth).

Ditulis oleh Ibnul Jauzi, seorang cendekiawan Muslim ternama asal Baghdad yang menguasai pelbagai disiplin ilmu Islam di masanya. Hingga kini, warisan intelektulnya masih banyak dikaji dan dijadikan rujukan utama dalam kajian-kajian keislaman.

Dengan buku ini, kita akan dituntun untuk menjadi seorang Muslim yang ikhlas, saleh, dan bertakwa, serta mengetahui kekurangan diri di hadapan-Nya. Sehingga, kesadaran jiwa kita pun akan tergugah untuk selalu berusaha meraih ridha-Nya. Sebab dengan ridha-Nya, seorang hamba akan mendapatkan buah berupa pahala dari amalnya, dan merengkuh kebahagiaan akhirat.

Ibnul Jauzi (510 H – 597 H)

Bernama lengkap Jamaluddin Abu al-Faraj Abdurrahman ibn Ali ibn Muhammad ibn Ali ibn Ubaidillah ibn Abdillah ibn Hamadi ibn Ahmad ibn Muhammad ibn Ja’far al-Bakri at-Taimi al-Qurasyi. Nama al-Jauzi sendiri dinisbatkan kepada kakeknya yang bernama Ja’far al-Jauzi. Selain hafal al-Qur`an sejak usia belia, imam besar ini juga hafal seluruh isi kitab Musnad Imâm Ahmad, Thabaqât Ibn Sa’ad, empat kitab Sunan, serta Shahîh Bukhâri dan Shahîh Muslim. Kegemarannya mendengar nasihat-nasihat para ulama sangat memengaruhi kehidupan dan karya-karyanya.

Wafat pada 13 Ramadhan 597 H, dan meninggalkan lebih dari 139 karya intelektual dan keagamaan. Salah satunya adalah Bustân al-Wâ’izhîn: Suluh Penyucian Jiwa, yang saat ini ada di tangan pembaca.


Risalah al-Mustarsyidin
ISBN : 978-979-1303-46-0
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Risâlah al-Mustarsyidîn
Tuntunan bagi Para Pencari Petunjuk
Al-Harits al-Muhasibi

Metode penyucian jiwa (tazkiyat an-nafs) yang disarikan dari ayat-ayat suci al-Qur`an, hadis Nabi, serta pesan-pesan para sahabat dan as-salaf ash-shâlih. Diperkaya dengan renungan keagamaan tentang perbaikan diri (muhâsabat an-nafs), pembangunan moral, dan pembinaan akhlak untuk dapat menjalani kehidupan secara lebih baik.

Buku ini menunjukkan jalan kepada kita untuk melakukan muhasabah diri dan membersihkan segala bentuk noda yang biasa mengotori jiwa dan kalbu. Penulisnya tak hanya menguraikan aspek teoritis tentang penyucian jiwa, namun juga membedah aspek praktis dari petunjuk-petunjuk Islam tentang pembangunan moral manusia untuk dapat menjadi pribadi yang bermartabat dan bertanggungjawab. Pendekatan dan metode penulisan seperti inilah yang menjadi kekuatan paling menonjol dari buku ini, sekaligus membedakannya dari karya-karya bertema sejenis.

Risâlah al-Mustarsyidîn, adalah literatur klasik paling dini yang menjabarkan prinsip-prinsip fundamental Islam tentang moral, akhlak, dan penyucian jiwa. Ditulis oleh Imam Abu Abdillah al-Harits al-Muhasibi, seorang sufi besar, guru al-Junaid al-Baghdadi, dan salah satu figur intelektual Muslim terpenting di masanya yang telah memberikan kontribusi besar pada pengembangan ilmu akhlak-tasawuf.

Dirangkai dalam untaian hikmah yang dipetik dari ayat-ayat al-Qur`an, hadis Nabi, petuah bijak para sahabat, maupun hasil perenungan keagamaan penulisnya, karya ini sarat makna dan menggugah kesadaran moral pembacanya. Sehingga, karya ini diterima luas, sekali pun oleh mereka yang belum pernah mengkaji tasawuf Islam.

Edisi bahasa Arab buku ini sudah dicetak puluhan kali, dan menjadi bacaan wajib di sejumlah perguruan tinggi Islam di beberapa negara Arab-Islam. Bahkan, risalah ini menjadi rujukan pokok bagi para peminat kajian moral-spiritual di Barat, dan pada tahun 2009 meraih penghargaan sebagai Award-Winning Finalist buku terbaik bidang spiritualisme dari USA Book News.

Al-Harits al-Muhasibi (165 H/781 M - 243 H/857 M)

Bernama lengkap Abu Abdillah al-Harits ibn Asad. Lahir pada sekitar tahun 165 H di Bashrah, dan wafat pada tahun 243 H di Baghdad. Terkenal tak hanya sebagai seorang sufi yang zahid dan ahli ibadah yang saleh, namun juga sebagai pakar fikih, ushul fikih, hadis, dan ilmu kalam. Biasa menghabiskan waktu untuk menulis, merenung, dan melakukan introspeksi diri. Karena kebiasaannya yang terakhir ini, ia mendapat julukan al-Muhâsibi (yang selalu melakukan muhasabah diri).

Mentor al-Junaid al-Baghdadi ini berperan besar dalam meletakkan fondasi ilmu tasawuf-sunni. Pemikirannya pun meninggalkan pengaruh sangat kuat dalam diri para ulama tasawuf jauh sepeninggalnya, khususnya terlihat pada corak ajaran akhlak-tasawuf yang dikembangkan Hujjat al-Islâm Imam al-Ghazali.


Jual-Beli
ISBN : 978-979-1303-31-6
Ukuran : 14 x 20,5 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Ekonomi Islam
: Beli

Jual-Beli
Sa'id Abdul Azhim

Memahami kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam praktek jual-beli dan hukum beberapa transaksi bisnis dan keuangan masa kini berdasarkan nash al-Qur`an, hadis, fikih muamalah islamiyah, dan fatwa-fatwa mutakhir ulama

Buku ini menjelaskan hukum-hukum syariat sejumlah praktek perdagangan dan instrumen keuangan yang berlaku di zaman sekarang, mulai dari yang berskala kecil hingga yang berskala besar, dari jual-beli di pasar tradisional hingga jual-beli di pasar modal. Semua jenis dan bentuk perdagangan itu disoroti buku ini melalui kaca mata fikih muamalah islamiyah. Praktek-praktek yang tidak sesuai dengan ajaran syariat ditelisik lalu diluruskan dengan solusi-solusi yang dilandaskan pada pesan al-Qur`an dan sunnah Nabi s.a.w. Misalnya, pada kasus bunga bank. Ditunjukkan oleh buku ini bagaimana cara mempergunakan bunga bank dengan syarat-syarat tertentu dan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Kekuatan buku ini terletak pada ulasannya yang padat, disertai dalil-dalil dari al-Qur`an, sunnah, dan pendapat para ulama, khususnya fatwa dari al-Majma` al-Fiqh al-Islâmi (Komisi Fikih Islam) dan Dâr al-Iftâ` al-Mishriyyah

(Lembaga Fatwa Mesir). Yang diajukan pun pendapat-pendapat fikih yang paling kuat dan muktabar. Menariknya lagi, penulisnya melengkapi kajiannya dengan menyebutkan kasus-kasus faktual seputar praktek bisnis dan jual-beli kontemporer. Sehingga, buku ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi para pelaku bisnis dan ekonomi, namun juga bagi pembaca umum yang sehari-harinya melakukan aktivitas jual-beli.


10 Sebab Dicintai Allah
ISBN : 979-3715-52-9
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-14
Kategori : Panduan Islam
: Beli

10 Sebab Dicintai Allah
Abdul Aziz Musthafa

"Sesungguhnya, seorang hamba yang berbicara dengan sepatah kata yang bermanfaat, maka kelak ia akan dijauhkan dari api neraka dengan jarak yang lebih jauh dari jarak antara ujung timur dan ujung barat." (HR.Bukhari)

Agar tak bertepuk sebelah tangan, pernyataan cinta kita kepada Allah harus disertai dengan amalan-amalan yang membuktikan ketulusan dan kemurnian cinta kita tersebut. Pesan inilah yang disampaikan penulis untuk mengajak kita berlomba menggapai sebuah kedudukan yang paling membahagiakan di akhirat kelak, yaitu menjadi orang yang mencintai dan juga dicintai Allah.

Lantas, langkah-langkah praktis apakah yang bisa mengantarkan kita pada kedudukan tersebut? Dalam buku ini penulis menuntun kita untuk meniti dan mengamalkan satu demi satu 10 amalan yang akan menjadikan kita sebagai manusia yang dicintai Allah.

Gaya bertutur penulis yang lugas, cerdas, dan berwibawa akan membuat pembaca tergugah dan optimis bahwa menjadi orang yang dicintai Allah adalah bukan hanya bahan impian yang hanya bisa diangan-angan, melainkan sebuah keinginan, harapan, dan cita-cita mulia yang terhampar di depan mata bagi siapa saja yang bertekad bulat meraihnya.


Amalan-Amalan Untuk Meraih Tingkatan Tertinggi Surga
ISBN : 979-3715-33-2
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-17
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Amalan-Amalan Untuk Meraih Tingkatan Tertinggi Surga
Muhammad Ibrahim an-Nu'aim

Sebagian orang beranggapan bahwa surga itu hanya satu dan sangat luas, padahal ia sangat banyak dan bertingkat-tingkat. Penghuninya menempati tingkat yang berbeda sesuai dengan tingkat keutamaannya. Semakin tinggi tingkatan penghuni surga, kenikmatan yang didapat juga lebih banyak.

"Sesungguhnya para penghuni tingkatan-tingkatan yang tinggi di surga akan terlihat oleh penghuni yang berada di bawahnya laksana bintang-bintang di ufuk langit. Dan sesungguhnya Abu Bakar dan Umar termasuk di antara mereka dan sangat bahagia." (Al-Hadis).

Bagaimana cara meraih tingkatan tertinggi di surga itu?

Buku ini menguraikan amalan-amalan yang dapat membawa kita meraih tingkatan tertinggi surga tersebut. Penulis buku ini juga menjabarkan tentang tingkatan surga dengan keistimewaannya masing-masing. Ulasannya yang sangat mudah dicerna membuat buku ini sungguh menarik dan amal bermanfaat untuk dibaca.


Apakah Anda Mencari Pekerjaan?
ISBN : 979-3715-77-4
Ukuran : 12,5 x 17,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Apakah Anda Mencari Pekerjaan?
Dr. Muhammad al-Areifi

Banyak orang bersaing untuk memperoleh pekerjaan. Terbukti, setiap kali sebuah lowongan kerja diiklankan, ribuan peminat menyerbu dan memperebutkannya. Namun ironis, ada banyak lowongan kerja robbani yang telah lama ditawarkan oleh Allah, tapi hanya sedikit sekali yang berminat.

Sebagai contoh, Nabi s.a.w. pernah mengatakan, bahwa akan ada tujuh puluh golongan dari umatnya yang akan masuk surga tanpa hisab. Diriwayatkan, ketika mendengar "peluang" itu, para sahabat waktu itu langsung berlomba-lomba untuk menjadi salah satu dari ketujuh puluh golongan itu.

Namun, bagaimanakah dengan kita pada zaman ini? Sadarkah kita bahwa di tengah-tengah kehidupan kita ini sesungguhnya banyak sekali peluang untuk bekerja demi mendapatkan "upah" dari-Nya, yang tentu saja sangat tiada tara?

Buku ini akan memaparkan kepada kita tentang peluang-peluang itu dan cara memanfaatkannya.



Warning: include(content/aqiqah.html): failed to open stream: No such file or directory in /home/h02899/public_html/panduanislam.php on line 194

Warning: include(content/aqiqah.html): failed to open stream: No such file or directory in /home/h02899/public_html/panduanislam.php on line 194

Warning: include(): Failed opening 'content/aqiqah.html' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/h02899/public_html/panduanislam.php on line 194

Untitled Document
ISBN : 979-3715-49-9
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Balig Tanpa Malu
Dr. Akram Ridha

Menjadi balig tidak perlu malu, itulah pesan Islam kepada orangtua yang harus disampaikan kepada anak-anaknya yang baru saja meninggalkan masa kekanak-kanakkan menuju remaja. Perubahan fisik, mental, nalar, dan posisi dalam kemasyarakatan yang membuat seorang anak merasa bingung bagaimana bersikap, harus dipahami secara wajar oleh anak itu sendiri dan orang tuanya, termasuk guru dan anggota masyarakat lainnya sebagai pembimbingnya. Pada masa-masa ini, seorang anak mulai mengidentifikasi diri karena mulai banyak menemukan figur di luar lingkungannya dan berpikir rasional. Kepolosan kanak-kanak mulai menghilang sejalan dengan kesadarannya bahwa kumisnya mulai tumbuh dan mulai suka dengan lain jenisnya.

Buku Balig Tanpa Malu ini, ditulis oleh seorang ahli psikologi berkebangsaan Mesir, yang saat ini sangat produktif di bidang kependidikan. Ya, nama Dr. Akram Ridha sangat akrab dengan konsultasi-konsultasi psikologi di berbagai media.

Buku ini merupakan salah satu dari serial psikologi tentang anak-anak, yang perlu dibaca dan enak, karena alur pembahasannya yang ringan dan dikemas dengan gaya ngobrol santai!


Untitled Document
ISBN : Tidak ada
Ukuran : 13, x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam

Bekal Pernikahan
Sulaiman al-Mufarraj

Islam sangat menganjurkan dan menyukai pernikahan. Banyak kebaikan dan hikmah yang didapat dengan mengikuti sunah Rasul s.a.w. ini, meski tak sedikit pula yang meninggalkannya. Pernikahan memang bukan sesuatu yang mudah, karena dengannya memungkinkan seseorang sukses atau gagal, untung atau rugi.

Tak sedikit pernikahan yang berjalan kurang harmonis bahkan kandas di tengah jalan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman dan pengetahuan pada aspek-aspek yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum menikah. Aspek yang terpenting adalah tentang cara memilih istri yang dalam buku ini diuraikan secara mendalam yang ditinjau dari berbagai sisi.

Buku yang ditulis oleh Sulaiman al-Mufarraj ini lebih ditujukan kepada kaum lelaki yang belum menikah, sebagai bekal untuk melakukan pernikahan yang bersandarkan pada al-Qur`an, Sunah Nabi Muhammad s.a.w., dan perkataan ulama yang sangat bermanfaat dan diperlukan.

Banyak hal yang unik dan menarik yang terkait dengan wanita, cinta, dan pernikahan yang dapat kita simak pada buku ini. Dengan indahnya penulis telah mengungkapkannya dalam bentuk tradisi, kisah, kata mutiara, syair, dan wasiat yang jarang kita temukan di buku-buku lain.

Buku ini amat bermanfaat terutama bagi lelaki yang belum menikah sehingga dapat mengetahui hal-hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan baik sebelum, sedang, maupun setelah melangsungkan pernikahan.


Belajar dari Pengalaman
ISBN : 979-3715-67-7
Ukuran : 14 x 20,5 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Belajar Dari Pengalaman
Sebuah Refleksi Agar Hidup Lebih Bernilai
Dr. Musthafa as-Siba'

Untaian petuah dan pengalaman hidup yang dituangkan penulis dalam buku ini laksana "ensiklopedi fenomena kehidupan" yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk bekal menjalani hidup ini dengan cerdas dan penuh kepekaan.

Membaca buku ini akan membuat pembaca berada dalam taman mini kehidupan yang penuh dengan pengalaman, pelajaran, dan hikmah yang masing-masing sangat sayang untuk dilewatkan.

Ketulusan dan luasnya pengalaman penulis menjadikan buku ini terasa hidup, dinamis, dan inspiratif. Bagi kita yang tengah menata dan mencoba hidup lebih bermakna, buku ini sangat tepat untuk menjadi teman untuk meraih kemajuan dan kesuksesan.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-13-8
Ukuran : 13,5 x 20,5
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Berlomba Menuju Surga
Dr. Khalid Abu Syadi

Imam Abu Hanifah berkata, "Kisah-kisah tentang ulama dan kebaikan mereka lebih aku suka daripada banyak bicara tentang fikih. Sebab kisah-kisah itu dapat membentuk kepribadian." Ucapan Imam Abu Hanifah ini dikutip oleh penulis buku ini, Khalid Ahmad Abu Syadi, dalam pembukaannya. Dari ucapan itu tergambar bahwa penulis ingin mengingatkan kepada para pembaca bahwa yang terpenting dalam usaha mendapatkan surga adalah perhatian kita akan akhlak dan moral, bukan hanya pada aspek ibadah ritual yang menjadi konsentrasi para ahli fikih.

Aspek moral dan akhlak ini menyangkut bagian dalam diri dari setiap manusia dan pola interaksinya dengan orang-orang yang ada di sekitar. Apa yang ada di dalam diri kita akan kuat mempengaruhi pola interaksi kita terhadap sesama. Itu sebabnya, perhatian akan aspek dalam diri (batin) dan pola interaksi (lahiriah) ini begitu ditekankan oleh penulis dalam buku ini.

Yang menarik dari buku ini adalah metode yang digunakan oleh penulis dalam menyapa para pembaca. Dengan ramah, penulis mengajak setiap pembaca untuk ikut menjadi salah satu peserta lomba. Bukan lomba untuk mendapatkan hadiah di dunia, tapi lomba untuk mendapatkan sesuatu yang jauh lebih berharga, yaitu lomba menuju surga. Apakah Anda ingin jadi pemenangnya? Baca dan ikutilah perlombaan ini!


Untitled Document
ISBN : 979-3715-45-6s
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Bersedih Bukan Solusi
Dr. Hasyim Abduh Hasyim

Apakah Anda mencari sebuah ketenangan? Berusaha terlepas dari segala bentuk kesulitan? Dari kepenatan jiwa? Dari kegelisahan? Dari kegundahan yang telah begitu lama menggumpal di dalam hati?

Tentu. Tetapi Anda terlalu lemah untuk keluar dari kungkungan kegundahan itu. Terlalu banyak yang harus Anda taklukkan dalam hidup ini, termasuk diri Anda sendiri. Di sini masalahnya: melawan diri sendiri—meminjam istilah sahabat—adalah sebuah perjuangan terberat.

Tapi, apakah berarti Anda tidak mampu? Jangan pesimis, karena selalu ada jalan keluar. Jangan bersedih dan bingung, karena bersedih bukan solusi.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-82-0
Ukuran : 12,5 x 17,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Dialah Sang Ratu
Dr. Muhammad al-Areifi

Di tengah-tengah maraknya isu kesetaraan gender, ada satu hal yang banyak dilupakan banyak orang: bahwa wanita juga manusia yang diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah semata.

Dengan kata lain, apa pun yang hendak dilakukan wanita tetap tidak boleh keluar dari kodrat penciptaannya sebagai manusia. Buku ini menceritakan tentang keteguhan seorang wanita modern dalam memelihara keimanan dan kesucian dirinya ketika berbagai kecaman dan siksaan fisik dilancarkan kepadanya.

Lebih menariknya lagi, Sang Ratu yang dikisahkan dalam buku ini pun dengan penuh keimanan berkata, "Apa yang menimpaku saat ini belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan penderitaan Rasulullah dan para sahabatnya saat mempertahankan keimanan mereka!"

Maka, selamat membaca!


Untitled Document
ISBN : 979-3715-76-6
Ukuran : 12,5 x 17,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Di Dalam Perut Ikan Paus
Dr. Muhammad al-Areifi

Manusia tidak akan luput dari cobaan, sekecil dan seperti apa pun bentuknya. Tapi yang menjadi pertanyaan, bagaimana kita menyikapinya? Haruskah kita memaki Tuhan, lupa diri atau justru bersabar dan mencari jalan keluar?

Inilah yang hendak dikupas buku ini. Tidak sedikit manusia, yang mendapat cobaan hidup, tidak memahami bahwa cobaan itu sejatinya merupakan tangga menuju kesempurnaan hidup dan bukti perhatian Allah kepadanya.

Melalui kisah-kisah nyata yang diurainya, al-Areifi, ulama Saudi Arabia terkemuka, menegaskan bahwa kenikmatan, kebahagiaan, kesengsaraan ataupun kesedihan merupakan cobaan yang jika berhasil dilalui, dapat mengantarkan pelakunya menuju hidayah.

Semoga Anda dapat menangkapnya.


Enjoy Your Life!
ISBN : 978-979-1303-24-8
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-15
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Enjoy Your Life!
Seni Menikmati Hidup
Dr. Muhammad al-`Areifi

Kisah-kisah inspiratif dari kehidupan Rasulullah s.a.w. yang dinukil penulis akan menuntun kita menjalani hidup ini secara lebih islami, Puluhan teladan, nasihat, kaidah, dan konsep pengembangan diri yang dipaparkan penulis pun sangat sederhana dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, semua itu merupakan hasil pengamatan, perenungan, dan pengalamannya sendiri selama lebih dari 20 tahun.

Seni berinteraksi dengan berbagai macam watak, perangai, dan latar belakang sosial merupakan pelajaran utama yang akan mengisi halaman demi halaman buku ini. Darinya kita akan mendapat kunci dan cara menikmati hidup. Sebab, buku ini mengajarkan bagaimana menjalani hidup ini tidak hanya sekadar berarti, namun juga mudah.

Inilah karya monumental Dr. Muhammad al-`Areifi dari dua puluhan karyanya yang rata-rata telah menembus angka 1 juta eksemplar lebih dalam tempo kurang dari satu tahun. Kehadirannya merupakan penawar dahaga umat akan buku-buku motivasi dan pengembangan diri yang islami dan tak hanya berorientasi duniawi, tetapi juga bernilai ukhrawi.


Fikih Pendidikan Anak
ISBN : 979-3715-63-4
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-3
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Fikih Pendidikan Anak
Membentuk Kesalehan Anak Sejak Dini
Dilengkapi Nasihat Para Dokter dan Psikolog Anak
Syaikh Musthafa al-Adawy

Sangat lengkap dan detail. Itulah nilai lebih dari buku ini. Penulis pun tak hanya menyuguhkan persoalan-persoalan, tetapi juga mengupasnya secara cerdas, argumentatif, dan menyebut banyak hal baru yang selama ini tak terlintas dalam benak dan pikiran kita ketika menjalankan kewajiban kita sebagai orangtua dalam mendidik anak.

"Yang memberi petunjuk hanyalah Allah!" tegas penulis. Karena itu, menurutnya, tugas orangtua dalam mendidik anak adalah mengantarkan mereka untuk mendapatkan petunjuk tersebut. Dan tentu saja, upaya untuk itu membutuhkan perhatian, kesungguhan tekad, dan pengetahuan khusus tentang bagaimana seharusnya orangtua mendidik anak sebagaimana yang telah dicontohkan dalam al-Qur`an, sunah Rasulullah s.a.w., dan pengalaman para sahabat Nabi terkemuka.

Di Saudi Arabia, Musthafa al-Adawy, penulis buku ini, termasuk ulama yang cukup disegani. Ia tak hanya berfatwa, tetapi juga telah menulis banyak buku yang cukup inspiratif dan penting bagi kemajuan umat ini.


Indahnya Kesuksesan
ISBN : 979-3715-66-9
Ukuran : 12,5 x 17,5 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Indahnya Kesuksesan
Menjadikan Hidup Lebih Bermakna
Dr. Akram Ridha

Banyak orang sukses yang tidak bahagia. Ini fakta dan terjadi di mana-mana. Lantas, mengapa hal ini terjadi? Apakah yang harus kita lakukan agar kesuksesan kita itu bisa menjadi salah satu anak tangga menuju kebahagiaan?

Buku ini menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut; pertanyaan yang hinggap di kepala setiap orang yang merasa kesuksesannya tidak membuatnya bahagia, tapi justru membuatnya selalu cemas dan khawatir.

Tak hanya itu, buku ini juga memberikan langkah-langkah kongkrit yang harus kita tempuh agar kesuksesan itu tidak hanya membahagiakan kita, tetapi juga membahagiakan orang-orang di sekitar kita di dunia maupun di akhirat.

Dan bagi yang merasa belum sukses, buku ini pun menerangkan dengan gamblang tentang apa sebenarnya hakikat dari kesuksesan tersebut. "Jadi, bacalah buku ini agar kita tidak pernah berputus asa dari rahmat Allah!" Demikian kira-kira pesan yang hendak disampaikan penulisnya.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-07-3
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Jangan Cemas Menghadapi Masa Depan
Abdul Aziz al-Husaini

Masa depan. Sebuah kehidupan yang masih di awang-awang, tetapi acapkali meresahkan. Ini kenyataan. Bisa dikatakan, hampir semua manusia pernah diresahkan oleh bayang-bayang masa depannya. Bahkan, tak sedikit manusia yang gagal dan ‘mati sebelum lahir’ karena salah memahami dan menyikapi masa depan.

Apalagi pada zaman sekarang ini, ketika segala sesuatu berubah sedemikian tak menentunya. Belum lagi dengan gaya hidup modern yang tanpa terasa terus memperkosa manusia untuk mau menjalaninya. Ini merupakan tantangan dan sekaligus ancaman. Khususnya, bagi mereka yang punya iman dan masa depan yang lebih jauh, yaitu kehidupan di alam baka.

Fenomena itulah yang mengusik penulis buku ini untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang bagaimana menyikapi masa depan tersebut. Meskipun buku-buku semacam ini sudah banyak, buku di tangan pembaca ini memiliki banyak kelebihan. Paling tidak, bagi mereka yang ingin memahami, menyelami, dan menyikapi masa depan secara lebih arif dan bijksana.

Betapa pun, kecemerlangan masa depan adalah impian setiap orang. Namun definisi kecemerlangan itulah yang sering kali membuat orang salah melangkah dan akhirnya salah tujuan. Walhasil, buku ini akan membantu Anda mengatasi kerisauan terhadap masa depan.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-80-4
Ukuran : 12,5 x 17,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Kala Sakit Menerpa
Dr. Muhammad al-Areifi

Buku ini menjelaskan tentang perilaku-perilaku hati manusia saat menderita sebuah penyakit atau mengalami satu cobaan. Ada yang tabah dan sabar, namun ada pula yang berontak seraya mengumpat Tuhan.

Itulah kenyataan yang diperkuat oleh penulis dengan kisah-kisah nyata yang didengar, dijumpai, dan dilihatnya sepanjang hidupnya. Lebih menariknya, penulis juga memaparkan berbagai hikmah dari kisah-kisah itu, juga memberi petuah-petuah tentang langkah-langkah apa yang harus ditempuh manusia saat cobaan datang menerpa.

Karenanya, membaca buku ini laksana meminum "suplemen" penambah ketahanan jiwa, ketabahan hati, dan keteguhan iman di saat hati merasa selalu gundah gulana menghadapi cobaan apa saja.


Keajaiban Penciptaan Makhluk
ISBN : 979-3715-21-0
Ukuran : 12,5 x 17,5 cms
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-2
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Keajaiban Penciptaan Makhluk
Sebuah Telaah Ibnul Qayyim
Khalil ibn Ibrahim Amin

Tema tentang keajaiban penciptaan makhluk sudah jamak, tapi tetap saja menarik. Apalagi, tema ini diangkat dari pemikiran seorang ulama besar, Ibnu Qayyim. Menariknya, bukan dari sisi pemaparannya yang detail dan logis, tapi lebih pada pesan agar kita lebih memahami dan bisa menerima penciptaan makhluk ini apa adanya. Sebagai contoh, tidak sedikit orangtua yang menghukum anak balitanya yang sering menangis. Padahal itu tidak sepenuhnya benar. Anak balita harus banyak menangis agar cairan bawaan yang terdapat di otak, yang berpotensi membekukan syaraf otak, mencair dan mengalir. Semoga bermanfaat.

Kesempitan Hati
ISBN : 979-3715-08-1
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-15
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Kesempitan Hati
Tanda-tanda, Penyebab & Solusi
Abdullah ibn Husain Syuqail

"Menyenangkan sekali menjadi orang mukmin, karena semua yang dihadapi baik bagi dirinya, dan itu hanya bisa dirasakan oleh seorang mukmin; "Jika mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur; dan itu baik baginya. Dan jika ditimpa musibah, ia bersabar; dan itu juga baik baginya." (al-Hadis).

Tetapi, bagaimana caranya menjadi sosok yang menyenangkan itu? Karena sebagai manusia, kita tentu tak lepas dari permasalahan yang membuat kita bersedih, atau merasa gusar. Kuncinya satu: bisa menerima kenyataan hidup. Karena, tidak bisa menerima kenyataan adalah gejala awal bahwa ruang hati kita menyempit.

Kemudian ketika kita mencari-cari kesalahan atau melemparkannya kepada orang lain, kita telah menutup semua celah di hati kita. Dan itu bisa membuat hati bagaikan terhimpit.

Di buku ini, penulis menguraikan dengan gamblang bagaimana keluar dari kesempitan hati itu: uraian yang secara tidak langsung merupakan ajakan bagaimana kita harus menjadi sosok mukmin yang sejati, sosok yang sangat menyenangkan itu. Menyenangkan bukan?


Untitled Document
ISBN : 979-3715-71-5
Ukuran : 14 x 20,5 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Madrasah Ramadhan
Cara Menyambut dan Mengisi Bulan Ramadhan Agar Lebih Bermakna
Dr. `Aidh al-Qarni

Sebagai bulan yang penuh berkah, Ramadhan selalu dinanti-nanti kaum Muslimin di mana pun berada. Tapi sayang, kerinduan kepada bulan Ramadhan ini sering tidak disertai dengan upaya untuk menggapai prestasi ibadah yang lebih baik dari Ramadhan-Ramadhan sebelumnya.

Dr. `Aidh al-Qarni menangkap realitas tersebut dengan bijak. Maka, melalui bukunya ini, ia mengajak kita untuk bersama-sama mempelajari seluk-beluk bulan Ramadhan, menyisir keutamaan-keutamaan ibadah di dalamnya, dan kemudian berlomba-lomba menjalankannya demi meraih prestasi yang lebih baik dari bulan-bulan Ramadhan yang telah lalu.

Pembahasannya yang mendalam, pandangannya yang tajam, dan gaya tuturnya yang menyejukkan akan membawa kita pada satu kesadaran Ramadhan selalu berulang, tetapi kesempatan untuk menjadi yang terbaik di dalamnya tak pernah dipikirkan banyak orang. Padahal, semakin bertambah umur kita, maka semakin berkurang pula kesempatan kita untuk mendulang pahala dan berkahnya yang tak terbilang.

Lantas, bagaimanakah dengan kita? Buku ini siap membimbing dan menuntun Anda untuk tidak hanya menyadari kemuliaan bulan Ramadhan, tetapi juga bagaimana memanfaatkannya secara cerdas dan penuh penghayatan.


Mempersiapkan Generasi Cerdas
ISBN : 978-979-1303-27-9
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Mempersiapkan Generasi Cerdas
Moehari Kardjono

Tuntunan dalam Mendidik dan Mempersiapkan Anak Cerdas dan Berakhlak Islami

Sejak seorang anak dilahirkan hingga berumur lima tahun, ia menyerap dan belajar banyak sekali dari lingkungannya. Karena itu, perilaku dan perbuatan kedua orangtua harus difokuskan pada tujuan pendidikan anak. Cinta dan kasih sayang, adalah salah satu 'mata pelajaran' yang juga harus selalu diberikan kepada anak. Salah satu bentuk fokusnya orangtua pada pendidikan anak adalah seorang ibu yang sebaiknya hanya memberikan ASI untuk bayinya dan tidak menggantikannya dengan susu formula atau susu sapi. Sesuai firman Allah dalam al-Qur`an, para ibu dianjurkan menyusui bayinya sampai bayi berusia dua tahun. Penelitian mengungkapkan bahwa dua tahun sejak kelahiran bayi, merupakan masa-masa kritis yang harus sungguh-sungguh diperhatikan oleh kedua orangtua.

Pada masa ini, pengasuhan dan pendidikan terhadap anak akan sangat menentukan perkembangannya untuk masa-masa berikutnya. Kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang terjadi pada anak, biasanya karena kurangnya perhatian maupun kurangnya pengetahuan orangtua dalam pengasuhan di masa ini. Selain itu, pertumbuhan dan perkembangan kehidupan seseorang tergantung dari makanan yang dikonsumsinya. Karena itu, orangtua harus memberikan makanan yang halal kepada keluarga dan anak-anak. Makanan yang haram hanya akan menjadi hijab bagi doa dan penghalang usaha dalam mendidik kebaikan bagi anak dan seluruh keluarga.

Buku ini akan mengajak Anda memahami lebih dalam usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk membentuk anak cerdas. Dijelaskan di dalamnya fase-fase perkembangan seorang anak sejak masih berbentuk janin sampai masa remaja, dan apa saja faktor penguat dan penghambat pembentukan anak cerdas. Terdapat juga pengetahuan dasar tentang permasalahan yang adakalanya terjadi pada masa-masa tumbuh kembang seorang anak. Buku ini sangat bermanfaat bagi Anda yang berniat untuk membangun mahligai rumah tangga, orangtua yang menunggu kelahiran sang buah hati, orangtua dengan anak usia tumbuh kembang, juga para pendidik dan pemerhati anak.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-41-3
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Mengapa Harus Bunuh Diri
Sulaiman al-Husain

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar satu juta jiwa melakukan aksi bunuh diri pada tahun 2000. Dan rata-rata kematian dengan cara bunuh diri pada tingkat dunia mencapai 16 kasus tiap 100.000 orang. Ini berarti bahwa tiap 40 detik terjadi satu orang yang meninggal dengan cara bunuh diri (WHO, 2000). Pada tahun 1993, bunuh diri merupakan sebab kematian ke-9, setelah AIDS yang memakan korban 35.000 jiwa, dan sebelum tindak kekerasan (pembunuhan) yang merenggut 25.470 jiwa. Sementara saat ini, bunuh diri menempati peringkat ke-3 dari penyebab kematian di Amerika Serikat.

Mengapa orang melakukan aksi bunuh diri? "Karena tekanan hidup", adalah jawaban yang paling cepat dipilih oleh masyarakat. Tapi pada tradisi masyarakat tertentu, bunuh diri justru dianggap sebagai sikap ksatria dan kesetiaan. Bagaimanakah Islam menjawab pertanyaan sekitar aksi bunuh diri? Bagaimanakah langkah yang diajarkan oleh Islam dalam mengantisipasi terjadinya aksi bunuh diri? Bagaimana Islam memandang orang yang melakukan aksi bunuh diri demi mempertahankan negaranya? Dan, sejauh mana pengaruh keyakinan agama dalam menekan terjadinya tindak bunuh diri?

Buku yang ada di hadapan Anda ini mencoba menjelaskan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Selamat membaca!


Untitled Document
ISBN : 978-979-1303-03-3
Ukuran : 12,5 x 17,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Menikahlah!
Abdullah Nashih Ulwan

Buku ini cocok untuk kawula muda. Khususnya, bagi mereka yang sudah ingin menikah, tetapi menghadapi banyak problema; seperti mahalnya maskawin, besarnya biaya resepsi perkawinan, tuntutan hidup di era modern seperti sekarang, dan hambatan-hambatan psikologis maupun sosiologis lainnya yang seringkali membuat diri takut menikah.

Selain solusi, buku ini juga menawarkan terapi-terapi khusus tentang bagaimana mengendalikan dan menjauhi rangsangan seksual sebelum menikah. Semua ini disajikan secara gamblang dan jelas. Sehingga, persoalan-persoalan yang barangkali sulit untuk diungkapkan, buku ini menyediakan jawabannya.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-37-5
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-2
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Menjadi Dai yang Sukses
Dr. Said al-Qahthani

Pada zaman yang tantangan dan problema kehidupan semakin kompleks seperti sekarang ini, seorang dai tidak boleh hanya puas dengan pengulangan-pengulangan materi yang disampaikan dalam dakwahnya.

Buku yang ada di tangan Anda ini, memuat banyak hal untuk menjadi dai yang sukses dalam dakwahnya. Sukses yang dimaksud bukan hanya berarti popularitas, tapi menyangkut banyak hal penting dalam dakwah. Ilmu pengetahuan, akhlak yang baik, dan ketauladanan, menjadi sorotan penting penulis buku ini agar seorang dai menggapai kesuksesan dalam dakwahnya.

Dengan membaca buku ini, seorang dai akan mendapatkan kemudahan dalam berdakwah dan mampu memberikan pesan-pesan kehidupan yang membumi dalam dakwahnya.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-15-4
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Menjadi Mukmin yang Berakhlak
Amru Khalid

Inti dari ajaran Islam yang sesungguhnya adalah pembinaan akhlak manusia menuju kesempurnaannya. Sayangnya, misi utama itu kemudian menjadi tampak "samar-samar" di tengah semangat keberagaman umat belakangan ini; semangat yang sering terjebak pada simbol-simbol belaka.

Seolah ingin menyadarkan umat akan misi utama itu, Amru Khalid, penulis buku ini, menjelaskan secara gamblang bagaimana menjadi seorang mukmin yang berakhlak. Menurutnya, banyak sekali akhlak yang diajarkan oleh Islam telah langka di tengah-tengah kaum Muslimin. Untuk memperkuat asumsi ini, Amru menukil sebuah cerita tentang seorang mualaf yang kecewa pada kenyataan kaum Muslimin, sehingga terlontar ucapan, "Beruntung saya sudah memeluk Islam sebelum melihat kaum Muslimin."

Tak syak lagi, buku ini bagaikan cermin bagi seorang mukmin untuk memperbaiki diri. Dengan membaca buku ini, kita akan tersentak dan menyadari bahwa banyak sekali pesan-pesan inti ajaran Muhammad s.a.w. yang terabaikan oleh umatnya. Selamat membaca!


Untitled Document
ISBN : 979-3715-59-6
Ukuran : 8,5 x 12 cm
Jenis : Buku saku
Cetakan : ke-15
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Menjadi Pelajar Berprestasi
Dr. `Aidh al-Qarni

Selain niat dan semangat, ada hal-hal teknis yang perlu dilakukan oleh seorang pelajar yang ingin berprestasi dalam bidangnya. Dan tentu saja, semua hal itu bisa dipelajari dan kemudian dipraktekkan.

Dalam buku inilah, `Aidh al-Qarni membocorkan rahasia dan strategi belajarnya hingga berhasil menghafal puluhan ribu hadis dan menguasai berbagai pengetahuan dengan matang.

Nah, Anda ingin meniru gaya dan caranya? Bacalah buku ini, semoga Allah s.w.t. memberkatimu!


Misteri Panjang Umur
ISBN : 979-3715-28-6
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-17
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Misteri Panjang Umur
Muhammad Ibrahim an-Nu'aim

Mendapatkan Pahala Besar dengan Amalan Ringan dan Singkat

"Umur umatku antara enam puluh sampai tujuh puluh tahun, dan sedikit sekali yang lebih dari itu." (HR. Tirmidzi)

Namun ironis, umur yang demikian pendek itu acapkali tidak dimanfaatkan secara maksimal. Tak sedikit orang yang lupa bahwa dari umurnya yang 60 tahun misalnya, dua per tiganya justru terbuang percuma hanya untuk tidur, berhura-hura, dan melakukan hal-hal remeh yang sama sekali tak bermanfaat bagi dirinya di akhirat.

Keresahan itulah yang mendorong penulis buku ini mencoba mambagi ilmu. Ia tidak hanya menyampaikan fakta-fakta tentang betapa besarnya kerugian manusia dikarenakan kesalahannya memanfaatkan umurnya yang pendek itu. Tetapi ia juga berusaha mengungkap beberapa tuntunan Rasulullah s.a.w. tentang bagaimana memanfaatkan umur itu dengan baik tanpa merasa berat sedikit pun. Bahasanya yang lugas, analisa yang cermat, dan sumber-sumber hadisnya yang terpercaya membuat ulasan dalam buku ini terasa memberikan sebuah solusi yang tak kenal kompromi, alias perlu ditelaah dan kemudian diamalkan.


Muhammad My Beloved Prophet
ISBN : 978-979-1303-16-3
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Muhammad My Beloved Prophet
Teladan Sepanjang Zaman
Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi

Yang membedakan buku ini dari buku-buku sirah Nabi s.a.w. lainnya adalah uraiannya yang lugas sekaligus menyejukkan. Buku ini tidak hanya berisikan paparan sejarah semata, namun juga kaya dengan ulasan-ulasan ayat al-Qur`an dan hadis yang berkaitan dengan fragmen-fragmen kehidupan sang Rasul Agung s.a.w.. Bahkan, penulisnya—Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi—membentangkan pula ayat-ayat Taurat dan Injil yang mewartakan nubuat Muhammad s.a.w.

Buku ini menunjukkan kepada setiap Muslim—dan bahkan setiap orang—bahwa Rasulullah s.a.w. adalah contoh tertinggi dalam segenap aspek kehidupan. Karenanya, buku ini pun menutup setiap paparan episode sejarah beliau s.a.w. dengan kesimpulan berupa intisari, hikmah, dan teladan yang bisa dipetik dari episode terkait untuk diikuti. Karya ini akan mengantarkan kita mengarungi keluasan samudera rahmat, keluhuran akhlak, keunggulan budi pekerti, bahkan mukjizat Nabi akhir zaman. Tak berlebihan kalau kita menyebut karya ulama terkemuka ini sebagai risalah tentang Islam, iman, dan cinta terhadap Rasul terkasih, Muhammad s.a.w. Risalah ini akan semakin meneguhkan cinta dan iman kita terhadap beliau beserta ajaran yang beliau bawa.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-12-X
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Musuh-Musuh Islam
Dr. Jabir Qamihah

"Jika apa yang dikatakan anak saudaraku ini (Muhammad) kebenaran, aku akan korbankan harta dan anakku untuk menentangnya." Demikian tekad Abu Lahab setelah mendengar dakwah Rasulullah yang disampaikan di atas bukit Shafa. Proklamasi ini merupakan titik awal permusuhan panjang yang dirasakan Rasulullah s.a.w. dan kaum Muslimin dari kaum kafir Quraisy. Dan sikap memusuhi tersebut kemudian berkembang dalam bentuk intimidasi, penyiksaan, dan rekayasa jahat lainnya. Sikap tersebut, sejatinya, ditujukan kepada ajaran Rasulullah ini, yang mengkritik sikap keberagaman dan sistem kehidupan masyarakat Arab ketika itu. Semangat pembaharuan yang dibawa oleh Islam inilah yang membuat mereka bersikap anti terhadap Islam.

Di buku ini, Dr. Jabir Qamihah, seorang doktor Sastra Arab dari Universitas Kairo, Mesir, juga menjelaskan secara detail seperti apa saja cara musuh-musuh Islam itu menyerang kaum Muslimin sampai detik ini. Mereka bersembunyi di balik kedok sejumlah organisasi sebut saja, Lion Club, Freemasonry, dan lain-lain untuk mengelabui umat Islam. Tujuan mereka hanya satu: menjauhkan umat Islam dari ajaran Islam.

Dalam buku ini pula, Dr. Jabir Qamihah memberikan strategi melindungi umat Islam, khususnya generasi muda, dari siasat jahat yang dilancarkan oleh musuh-musuh Islam. Dengan membaca buku ini, kita akan dibuatnya menjadi sadar akan adanya ancaman dan bagaimana menyelamatkan umat dari ancaman tersebut.


Never Give Up Keep Fight
ISBN : 979-3715-54-5
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-13
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Never Give Up Keep Fight
Multitama Communications

"Kegagalan dalam mewujudkan impian sebenarnya adalah ketika kita sama sekali tidak pernah memulainya. Melainkan hanya membicarakannya atau bahkan terendap dalam benak pikiran tanpa tahu bagaimana cara untuk memulainya."

Kisah hikmah yang diuraikan dalam buku ini memberikan sebuah inspirasi, motivasi, dan rasa optimis bagi yang membacanya, sangat tepat dihadirkan dalam situasi dan kondisi masyarakat yang tengah mengalami krisis kepercayaan dan pesimis berkepanjangan.
Ir. H. Hanawijaya, MM — Direktur Bank Syariah Mandiri

Lembah, gunung, dan sungai bukanlah hambatan yang berarti bagi burung yang mampu terbang tinggi. Maka mari kembangkan sayap melalui inovasi, kreativitas, dan kerja keras agar mampu bersaing dan tidak menjadi pecundang. Buku ini memberi banyak inspirasi mengenai cara menjadi pemenang.
Ir. H. Wahyu Saidi, Msc — "Tukang Bakmi" (Bakmi Langgara & Bakmi Tebet)

Bagi dunia usaha, ada sebuah proses dan jalan panjang untuk menuju kesuksesan. Pantang menyerah dan terus berjalan adalah harga mati yang harus dibayar seorang entrepreneur muslim. Buku ini hadir untuk Menginspirasi dan membangkitkan semangat Anda. Never Give Up!
H. Salmin Djafar — Pemilik PT. Nida Nuansa Permai

Saya sudah baca aneka buku leadership dan entrepreneurship dan banyak memberikan pelatihan leadership, motivasi, dan selling. Ketika membaca buku ini. Saya banyak dapat hal baru terutama inspirasi kisah aktual banyak tokoh. Saya yakin dengan membaca buku ini dapat mengobati virus putus asa dan frustasi bahkan memberikan imunitas sebelum terjangkit virus tersebut. Jadi, kalau mau sukses... BACA BUKU INI!!!
H. Agung Yulianto, AK, SE, M.Com Executif Director PT. Smart Life Sejahtera — UKM Bisnis Konsultan


Untitled Document
ISBN : 979-3715-43-X
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Nilai Cinta Dalam al-Qur`an
Dr. Mahmud Syarif

Cinta: satu kata yang sering diucapkan oleh manusia, namun jarang sekali orang mampu memahami hakikatnya. Dari zaman ke zaman, manusia tidak pernah berhenti bicara tentang cinta. Cinta akan selalu menarik untuk dibicarakan, bahkan sampai Hari Kiamat sekalipun.

Seseorang akan dengan mudah mengatakan cinta di hadapan pujaan hatinya. Namun cinta akan mengecewakan jika hanya sebatas kata. Cinta butuh pengorbanan, dan pengorbanan cinta yang tertinggi adalah hilangnya ego pencinta di hadapan yang dicintainya.

Al-Qur`an sangat sarat dengan anjuran untuk mencinta: cinta kepada sesama, cinta kepada alam, dan cinta kepada Allah. Buku ini berusaha menjelaskan hakikat cinta yang terdapat dalam al-Qur`an, terutama cinta manusia kepada Sang Pencipta.

Untuk sampai pada cinta sejati, maka kita harus mengenal (makrifat) dan memahami (tafakur) kehendak-Nya. Dengan demikian, kita akan yakin bahwa seluruh aktifitas kita adalah bagian dari kehendak-Nya. Jadilah pencinta sejati!


Panduan Praktis Mengurus Jenazah
ISBN : 979-3715-20-0
Ukuran : 12 x 17 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-15
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Panduan Praktis Mengurus Jenazah
Abdurrahman al-Ghaits

Dilengkapi dengan gambar-gambar peraga untuk mempermudah praktek mengurus jenazah

Apakah yang kita lakukan saat menghadapi sesorang yang dalam sakaratul maut? Bagaimanakah kita mengetahui seseorang itu telah benar-benar meninggal dunia? Bagaimana kita tahu bahwa seseorang meninggal dalam keadaan husnul khatimah atau su`ul khatimah? Siapkah kita jika saat ini harus memandikan, mengkafani, menshalatkan, dan menguburkan jenazah?

Dengan buku ini, kita akan siap menjawab semua pertanyaan di atas. Kita akan menyadari bahwa mengurus jenazah itu tak serumit yang kita bayangkan. Dengan dilengkapi gambar-gambar, buku ini sangat praktis memandu kita saat mengurus jenazah.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-48-0
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Puber Tanpa Gejolak
Dr. Akram Ridha

Pertanyaan tentang pubertas adalah pertanyaan yang sudah berusia setua usia manusia itu sendiri. Masa pubertas adalah masa di mana seorang anak mulai matang secara fisik, nalar, kejiwaan, dan perannya dalam masyarakat. Pada usia-usia ini seorang anak sangat tertekan, karena masih adanya perkembangan hormonal dalam tubuh yang belum sempurna. Seorang anak masih mencari jati dirinya, sebagai seorang yang secara fisik sudah dewasa, tetapi secara kejiwaan belum sepenuhnya menerimanya. Di usia puber ini, seorang anak mulai bereksperimen dan berbuat yang sangat beresiko. Secara seksual, hormon reproduksi mulai matang.

Buku Puber Tanpa Gejolak ini, ditulis oleh seorang ahli psikologi berkebangsaan Mesir, yang sangat produktif di bidang kependidikan. Ya, nama Dr. Akram Ridha sangat akrab dengan konsultasi-konsultasi psikologi di berbagai media.

Buku ini merupakan salah satu dari serial psikologi tentang anak-anak, yang perlu dibaca dan enak, karena alur pembahasan yang ringan dan dikemas dengan gaya ngobrol santai, meski juga disertakan tabel-tabel atau grafik-grafik sebagai data pendukung.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-60-X
Ukuran : 8,5 x 12 cm
Jenis : Buku Saku
Cetakan : ke-16
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Rahasia Sukses Orang-Orang Besar
Dr. `Aidh al-Qarni

Mungilnya buku ini tak berarti menghalangi besarnya manfaat yang ditawarkannya. Dengan gayanya yang khas; lugas, padat, dan berisi, penulis telah berhasil menghimpun rahasia-rahasia sukses tokoh-tokoh besar kaum Muslimin dari generasi ke generasi.

Berbagi pengalaman dan mengajak untuk meraih kesuksesan bersama adalah tujuan utama penulisan buku ini. Karenanya, apapun cita-cita Anda, buku ini seharusnya Anda baca.

Dan satu lagi, kesuksesan penulis sebagai dai terkenal dan penulis banyak buku best seller di negerinya ini membuat buku kecil ini semakin berbobot dan sayang untuk tidak dikaji.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-57-X
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Remaja Tanpa Masalah
Dr. Akram Ridha

Ada konsep baru yang ditawarkan penulis buku ini tentang siapakah remaja itu. Menurutnya, seseorang disebut remaja sejak ia meninggalkan masa-masa puber terakhirnya. Yakni, dari umur 20 tahun. Dalam rentang waktu inilah seseorang mulai merambat ke arah kematangan dalam berbagai aspek: nalar, pemikiran, dan sikap. Namun, realitas menunjukkan bahwa kecenderungan seks remaja tetap pada titik klimaks, alias perlu dipantau dan diarahkan.

Itulah salah satu gambaran persoalan yang dipaparkan penulis buku ini ketika hendak menjabarkan konsep remaja dan pemuda, yang di dalam al-Qur`an disebut dengan istilah bulûgh as-sa'y dan bulûgh al-asudd. Menariknya, persoalan demi persoalan dalam buku ini dikupas oleh penulis dengan kacamata psikologi modern dan dikemas dalam gaya bahasa yang renyah dan santai.

Buku Remaja Tanpa Masalah ini ditulis oleh seorang ahli psikologi berkebangsaan Mesir, yang saat ini sangat produktif di bidang kependidikan. Ya, nama Dr. Akram Ridha sangan akrab dengan konsultasi-konsultasi psikologi di berbagai media.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-00-6
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Renungan Kehidupan
Abdul Hamid al-Bilaly

Orang yang bijaksana adalah orang yang berbuat salah, lalu menyadarinya. Kalimat ini bukan saja pemaafan bahwa kita ini manusia yang bisa melakukan kesalahan, tapi juga merupakan anjuran bahwa kita harus memperbaiki sebuah kesalahan dan tidak mengulanginya lagi. Itu jika kesalahannya kita sendiri yang melakukannya.

Jika yang melakukannya orang lain, kita harus menyadari bahwa sewaktu-waktu kita dapat melakukannya, untuk kemudian kita harus mewanti-wanti diri agar kita tidak mengulangi kesalahan serupa. Kita bisa belajar dari buku ini bagaimana seseorang mengoreksi dirinya lewat sebuah perenungan. Karena dari peristiwa yang sepahit dan semanis apa pun, bagi kita semua, ada hikmah yang bisa dipetik.

Al-Bilaly, penulis buku ini, selalu menyempatkan dan memilih waktu di pagi hari untuk melihat ke hari-hari kemarin, kemudian menuliskannya, layaknya buku harian.


Revolusi Diri
ISBN : 978-979-1303-01-9
Ukuran : 14 x 20,5 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Revolusi Diri
Amru Khalid

Memaksimalkan Potensi untuk Menjadi yang Terbaik

Benarkah suratan takdir itu bisa diubah?

Pertanyaan yang menyelimuti hampir separuh jumlah manusia ini, sangat berbahaya bila sampai bercokol di kepala seorang Muslim. Sebab, dalam al-Qur`an telah ditegaskan bahwa Allah tidak akan pernah mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan mereka sendiri.

Lantas, bagaimanakah cara mengubah nasib itu?

Buku ini akan mengupas misteri nasib ini dan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh seorang Muslim untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal. Dan menariknya lagi, penulis juga akan membuktikan kepada kita bahwa setiap manusia berpotensi menjadi yang terbaik, apa pun dan bagaimana pun kondisinya.

Penulis juga mengingatkan, bahwa bersaing demi kemajuan adalah sebuah ibadah.


Rezki
ISBN : 979-3715-22-7
Ukuran : 12,5 x 17,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-14
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Rezki
Abdul malik al-Qasim

Kunci-kunci dan sebab-sebab yang dapat mendatangkan rezki

Rezki merupakan bagian ketentuan Allah, namun demikian manusia diwajibkan mencarinya untuk menjalankan ketaatan kepada-Nya. Tetapi, tak jarang kemudian manusia menjadi tamak akibat tidak memahami hakikat rezki itu sendiri.

Buku yang Anda pegang ini mengajak kita memahami apa dan bagaimana sebenarnya rezki itu. Buku ini juga menjelaskan manfaat kekayaan dan akibat dari kekayaan yang berlebihan. Buku ini menguraikan pula mengapa kita harus berhenti bekerja ketika mendengar panggilan shalat, dan kiat-kiat apa saja yang ditawarkan Islam agar kita bisa menghindari sifat tamak tersebut.


10 Sebab Dicintai Allah
ISBN : 979-3715-52-9
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-14
Kategori : Panduan Islam
: Beli

10 Sebab Dicintai Allah
Abdul Aziz Musthafa

"Sesungguhnya, seorang hamba yang berbicara dengan sepatah kata yang bermanfaat, maka kelak ia akan dijauhkan dari api neraka dengan jarak yang lebih jauh dari jarak antara ujung timur dan ujung barat." (HR.Bukhari)

Agar tak bertepuk sebelah tangan, pernyataan cinta kita kepada Allah harus disertai dengan amalan-amalan yang membuktikan ketulusan dan kemurnian cinta kita tersebut. Pesan inilah yang disampaikan penulis untuk mengajak kita berlomba menggapai sebuah kedudukan yang paling membahagiakan di akhirat kelak, yaitu menjadi orang yang mencintai dan juga dicintai Allah.

Lantas, langkah-langkah praktis apakah yang bisa mengantarkan kita pada kedudukan tersebut? Dalam buku ini penulis menuntun kita untuk meniti dan mengamalkan satu demi satu 10 amalan yang akan menjadikan kita sebagai manusia yang dicintai Allah.

Gaya bertutur penulis yang lugas, cerdas, dan berwibawa akan membuat pembaca tergugah dan optimis bahwa menjadi orang yang dicintai Allah adalah bukan hanya bahan impian yang hanya bisa diangan-angan, melainkan sebuah keinginan, harapan, dan cita-cita mulia yang terhampar di depan mata bagi siapa saja yang bertekad bulat meraihnya.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-24-3
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Spionase dan Strategi Perang Rasulullah
Muhammad asy-Syafi'i

Membahas tentang strategi dan sistem intelijen dalam perang Rasulullah, seakan kita diajak melihat perang itu dari 'sisi yang lain'. Kita tidak saja disuguhi data-data tentang jumlah yang tewas, yang tertawan, kemenangan atau kekalahan dalam satu peperangan, dan lain-lainnya. Lebih dari itu, banyak alasan yang bisa menjelaskan, mengapa dalam Perang Uhud misalnya, Rasulullah menerapkan strategi jitu tapi harus kalah, apakah karena faktor keteledoran semata atau ada sesuatu yang lebih mendasar dari hanya sekadar 'tidak taat' saja. Ternyata, ada.

Atau, mengapa Abu Sufyan ibn Harb dapat mengendus keberadaan intel Rasulullah hanya dari kotoran unta yang dikendarainya?

Dan, masih banyak lagi hal-hal lain yang tentunya lebih menarik dan unik dari pernik-pernik perang di masa Rasulullah, terutama dalam hal sistem intelijen dan spionasenya.


Terampil Berdialog
ISBN : 979-3715-62-6
Ukuran : 8,5 x 12 cm
Jenis : Buku saku
Cetakan : ke-13
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Terampil Berdialog
Etika & Strateginya
Dr. `Aidh al-Qarni

Berdialog, siapa takut? Bahkan, Islam pun menganjurkannya sebagai salah satu cara untuk menyampaikan kebenaran risalahnya. Karenanya, bila Anda seorang Muslim dan terpanggil untuk menyerukan agama Allah yang hanif, maka buku ini dapat menjadi bekal perjuangan Anda.

Kecilnya buku ini pun, ternyata memiliki makna tersendiri: Anda bisa membawanya ke mana saja dan membacanya kapan saja. Dan yang pasti, isi buku ini akan Anda butuhkan setiap saat. Manfaatnya pun, pasti akan terasa.


Terapi Penyakit Hati
ISBN : 979-3715-38-3
Ukuran : 15,5 x 24
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-9
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Terapi Penyakit Hati
Ibnul Qayyim al-Jauziyyah

Hati yang resah, hati yang merasa sakit, hati yang tergores dan luka, hati yang marah, iri, dengki, lelah, lunglai seolah tanpa sinar dan energi, adalah hati yang sedang mengalami sesuatu. Hati memang bagai perahu. Bila perahu itu terlalu banyak muatan dan berlobang, akan tenggelamlah ia. Begitu pula hati manusia. Bila dimuati banyak dosa, noda, bercak, akan tenggelamlah dirinya sebagai manusia. Apa, mengapa, dan bagaimana yang demikian ini?

Ibnul Qayyim, sebagai seorang ulama yang jiwanya jeli menangkap gejala-gejala jiwa dan kalbu manusia, dengan mata hatinya sebagai orang alim, berusaha mendata, mendiagnosa, memberi terapi dan jalan pengobatannya, agar jiwa manusia yang tenggelam mampu menggapai tepian pegangan; agar kalbu manusia terentas dari daki-daki yang diperbuatnya sendiri, agar badai dosa terlerai tak memusnahkannya.

Pendek kata, setiap manusia mengalami apa yang diperbincangkan buku ini dan membutuhkan terapi yang diberikan. Coba kita bedah diri kita dengan buku ini!


Untitled Document
ISBN : 979-3715-19-7
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-15
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Tuntunan Bertobat
Muhammad Husein Ya'qub

Apakah hakikat tobat, hingga kita diingatkan untuk tidak sekali-kali mengabaikannya? Tobat adalah pernyataan maaf kita kepada Tuhan atas segala kesalahan yang kita lakukan dengan sengaja maupun tidak. Karena kita adalah hamba dan Allah adalah Tuhan, hal itu memang sebuah konsekuensi dari hubungan antara hamba dan Tuhannya. Namun pernyataan seperti itu bukan jaminan bahwa besok, kita sebagai manusia, tidak akan mengulangi kesalahan lagi dan tidak khilaf yang ironisnya justru merupakan sifat dasar manusia. Untuk bisa bertobat secara nasuha, orang harus sadar akan Tuhan, menyadari bagaimana posisinya seharusnya terhadap-Nya, dan apa yang seharusnya ia lakukan sebagai konsekuensi dari hubungan itu. Ada hal yang lebih dalam dari hanya sekadar "permintaan maaf."

Satu pesan bisa kita tangkap dari ajaran Allah untuk bertobat, yakni bagaimana manusia harus berlaku dengan benar. Dengan membaca buku ini, kita akan dituntun untuk sadar bahwa kita adalah hamba Allah. Ada tips-tips agar niat kita untuk bertobat, benar-benar keluar dari hati nurani. Selamat membaca!


Untitled Document
ISBN : 979-3715-03-0
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-17
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Tuntunan Qiyamul Lail
Muhammad Shalih al-Khuzaim

"Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu." (QS. AL-Muzammil: 1-4)

Buku ini menguraikan dengan rinci segala hal menyangkut shalat malam, atau yang kita kenal dengan Qiyamul Lail. Kita akan mendapat penjelasan detail tentang shalat Witir, Tahajud, dan Tarawih, mulai dari definisi, hukum keutamaan, adab hingga bagaimana Rasulullah s.a.w., sahabat, dan para salaf ash-shalih melakukannya.


Ukhuwah Imaniyyah
ISBN : 979-3715-18-9
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Akhlak
: Beli

Ukhuwah Imaniyyah
Dr. Sa'id Abdul Azhim

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara." Dengan tegas Allah menyatakan bahwa dasar persaudaraan itu adalah keimanan. Iman adalah pengakuan nurani tentang apa yang diyakininya. Ketika sejumlah orang meyakini bahwa Tuhan itu satu, bahwa ia mengutus para rasul-Nya, bahwa Ia punya malaikat-malaikat yang mengerjakan tugasnya masing-masing, dan bahwa ia punya qadha dan qadar, maka, sebenarnya mereka bersaudara.

Ketika sejumlah orang itu menyatakan ikatan persaudaraan di antara mereka, maka masing-masing harus berkomitmen baik kepada saudaranya yang lain. "...maka perbaikilah hubungan antara saudara-saudaramu." Setelah itu, mereka punya kewajiban menghadapi musuh yang sama. Penulis buku ini, Dr. Sa'id Abdul Azhim, meyakini bahwa ikatan persaudaraan seagama bisa mengeliminasi ikatan primordial dan fanatisme.


Waktu-waktu Penuh Berkah
ISBN : 978-979-1303-14-9
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-12
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Waktu-waktu Penuh Berkah
# Khazanah Islam Klasik
Imam Baihaqi

Imam Baihaqi Beliau adalah Imam Ahmad ibn al-Husain ibn Ali, Abu Bakar al-Baihaqi. Lahir di Baihaq, Nisabur pada tahun 384 H. Beliau merupakan seorang al-Hâfizh dalam bidang hadis, ahli fikih, dan ahli fikir yang telah menuntut ilmu dari lebih 100 orang guru.

Selain mengajar, beliau juga aktif menulis buku. Dalam khazanah intelektual Islam klasik, beliau termasuk dalam deretan para penulis buku yang produktif. Diperkirakan, karya-karyanya mencapai seribu jilid. Tema yang dikajinya sangat beragam, mulai dari akidah, hadis, fikih, hingga tarikh. Dan mayoritas karya-karyanya masih diterbitkan hingga sekarang. Beliau wafat pada tahun 458 H.

Selain memuat banyak informasi tentang keutamaan pelbagai waktu; hari dan bulan tertentu, buku ini juga mengulas tentang amalan-amalan yang disunnahkan untuk mendapatkan kemuliaan pada waktu-waktu tersebut.

Melalui buku ini, kita akan mengetahui kenapa kita disunnahkan berpuasa setiap hari Senin dan Kamis, ada apa dengan malam Nisfu Sya'ban, mengapa kita disunahkan mandi pada hari Jumat, dan masih banyak lagi keutamaan waktu lain yang akan diungkap.

Hadis-hadis yang dinukil oleh penulis dalam buku ini pun berasal dari berbagai sumber yang terpercaya dan disertai dengan penjelasan serta takhrîj yang teliti dan cermat. Karenanya, setiap lembar dari buku ini menjadi sangat penting untuk dibaca dan kemudian diamalkan untuk menambah perbendaharaan amal baik kita di akhirat kelak.


Yakinlah, Dosa Pasti Diampuni
ISBN : 979-3715-96-0
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-12
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Yakinlah, Dosa Pasti Diampuni
Dr. `Aidh al-Qarni

Sepuluh Amalan Pelebur Dosa

"Mungkinkah Allah mengampuni dosa-dosaku?"

Demikian kira-kira pertanyaan yang kerap muncul di benak kita, di samping sejumlah pertanyaan lain yang menunjukkan kekhawatiran di hadapan Sang Maha Pengampun. Kekhawatiran ini sejatinya tidak pernah ada. Allah telah menjamin siapa pun yang bertobat dan kembali kepada-Nya akan diampuni dosa-dosanya. Dengan syarat, dilakukan sesuai ajaran Nabi.

Atas dasar itulah, Dr. `Aidh al-Qarni, dengan gamblang, memaparkan beberapa kiat jitu yang dapat memotivasi diri untuk segera bertobat, di samping amalan-amalan ringan yang dapat membebaskan kita dari belenggu dosa.

Buku ini pantas dimiliki oleh siapa saja yang ingin kembali ke jalan Allah, yang peduli dengan masa depan ukhrawinya, dan bagi yang mengharap kebahagiaan dunia dan akhirat.


Zina
ISBN : 979-3715-25-1
Ukuran : 14 x 20,5 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-2
Kategori : Panduan Islam
: Beli

Zina
Prof. Dr. Fadhel Ilahi

Problematika & Solusinya

Agama Yahudi, Nasrani, maupun Islam tegas-tegas menyatakan zina itu haram. Bahkan hukuman bagi pelakunya tergolong berat. Tapi mengapa zina terus terjadi?

Agama Yahudi yang melarang perceraian tapi membolehkan perilaku yang mendekati zina, tidak menjadi solusi. Agama Nasrani yang melarang keras perceraian, sama saja dengan memaksa orang untuk menerima pasangannya suka atau tidak suka. Menurut Prof. Dr. Fadhel Ilahi, menikah ala Islam adalah jalan keluarnya.

Dengan objektif, ia banyak merujuk kepada teks-teks agama Yahudi, Nasrani, dan Islam. Pembahasan sungguh mendalam dan sistematis seputar permasalahan zina. Dengan bahasa yang sederhana, pembahasan yang mendalam itu terasa ringan, dan perlu menjadi bahan telaah.


 
   
 

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

 
Kembali ke atas